KULAKAN, Tempat Berkumpulnya Rekan-rekan Ranting se-Kota Yogyakarta

20:42

Ini dia salah satu komunitas yang ada di dalam Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang bernama KULAKAN. KULAKAN ini bukan berarti belanja loh (dalam bahasa jawa KULAKAN artinya belanja), tetapi KULAKAN ini artinya adalah "Kumpul Bersama Rekan Se-Ranting" Kota Yogyakarta.

Sebelum menjadi komunitas di bawah PD IPM Kota Yogyakarta, KULAKAN masih berupa forum yang terdiri dari kumpulan ranting-ranting di Kota Yogyakarta dan bernama Silaturahim Ranting. Kemunculan KULAKAN ini merupakan amanah dari Silaturahim Ranting yang dilaksanakan di Madrasah Mu'allimaat Yogyakarta pada tahun 2011 yang menyatakan bahwa perlu adanya sebuah forum yang berfungsi sebagai media komunikasi dan kekerabatan antar PR IPM di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu dibentuklah tim yang terdiri dari perwakilan masing-masing PR IPM dan diketuai oleh IPMawan Fathya Fikri Izzuddin.

Logo Kumpul Bersama Rekan Se-Ranting
Kota Yogyakarta (KULAKAN)
Seiring waktu berjalan, akhirnya tim untuk membentuk forum kekerabatan tersebut terdiri dari tiga PR IPM yaitu Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang diwakili oleh IPMawan Adli Zuliansyah Putra, Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang diwakili oleh IPMawati Latifah Amalia Zati dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang diwakili oleh IPMawan Fathya Fikri Izzuddin. Dalam forum tersebut disepakatilah bahwa gerakan awal untuk membentuk forum kekerabatan ini adalah dengan mengundang ketua-ketua umum PR IPM se-Kota Yogyakarta tingkat SMA/SMK/MA dan pada akhirnya setelah berhasil mengundang para ketua umum, disepakatilah untuk mengadakan outbound bersama yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Desember 2011 yang menghasilkan gerakan "Maju bersama, mundur bareng-bareng" yang artinya adalah bahwa setiap Ranting harus dapat saling mengayomi untuk maju bersama dan ketika ada yang terjatuh, tidak boleh ditinggalkan, akan tetapi harus dipapah supaya bisa maju bersama.

Pra Konferensi Pimpinan Cabang dan Ranting di Madr. Mu’allimin Muhammadiyah Yk, diadakan Kongres KULAKAN yang mana menghasilkan keputusan sebagai berikut:

1. Koordinator KULAKAN untuk seluruh ranting adalah IPMawan Dzikri Rahman Bijak (SMA Muhammadiyah 1 Yk.) dan IPMawati Miftah Raihanul Fadhilah (Madr. Mu’allimaat Muhammadiyah Yk.)

2. Arah gerakan KULAKAN berupa:
a. KULAKAN berfungsi sebagai media komunikasi dan silaturahim antar ranting
b. KULAKAN merupakan komunitas di bawah Bidang Advokasi PD IPM Kota Yogyakarta yang berfungsi sebagai tangan kanan Bidang Advokasi.
c. KULAKAN merupakan komunitas yang menjadi sumber pemberdayaan anggota-anggota yang berada di ranting se-kota Yogyakarta.

Hingga saat ini, KULAKAN sudah melewati dua periode dengan IPMawan Muhammad Arif (SMK Muhammadiyah 1 Yk.) sebagai Koordinator KULAKAN dan IPMawati Hanna (SMA Muhammadiyah 2 Yk.) sebagai sekretaris.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments