Kumpulan Refleksi Malam PD IPM Kota Jogja

07:19

Assalamualaikum
Refleksi Malam...
Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah saw brsabda: Allah berfirman: Setiap amalan anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Sesungguhnya ia (puasa itu) untuk-Ku dan Aku yg membalasnya. Puasa itu perisai. Apabila hari seseorang itu berpuasa maka janganlah dia mngeluarkan kata-kata kotor dan janganlah dia berteriak atau memaki. Sekiranya ada org yg mencela atau akan brtengkar dengannya maka katakanlah, "aku sedang berpuasa" Demi yg jiwa Muhammad di Tangan-Nya,
bau mulut orang yg brpuasa lebih harum di sisi Allah daripada kasturi. Bagi org yg brpuasa itu dua kgembiraan, [1] apabila berbuka dia gembira dan [2] apabila bertemu dg Tuhannya dia gembira dg puasanya.”
(HR. Bukhari no. 1904)
#Mari persiapkn diri brtemu bulan terbaik dr bulan2 baik milikNya.
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
19-06-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...

Do’a Nabi Adam
”Ya Tuhan kami, kami telah mendzalimi diri kami sendiri, Jika Engkau tdk mngampuni kami dan Engkau merahmati kami, tentulah kami menjadi orang yang rugi"
(Al A’raf : 23)
#Setiap ksusahan, stiap keraguan, stiap prasangka2 bruk yg trjadi DOA adlh obat mujarab yg mnjdikan dirimu kuat. Percayalah.
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
23-06-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...

Dari Abdullah Ibnu Amr r.a Nabi saw brsabda: "Puasa dan al-Quran memberi syafaat kpda seseorang pada hari kiamat. Puasa berkata, "Wahai Tuhanku, aku cegah dia dari makan dan nafsunya di siang hari, jadikan aku sbagai penyafaatnya.' Al Quran berkata: "Aku cegah dia dari tidur malamnya, jadikan aku sbagai penyafaatnya.' Nabi berkata:
"Keduanya pun memberinya syafaat."
(HR. Ahmad dan Hakim)

#sudah sberapa besar kita manfaatkan puasa dan sholat ini dg iman dan pnghrpan padaNya. Pdhl diri qt sngt ingin d beri syafaat, tp ap yg sdh qt prbuat slma ini?sdah khusyu'kah sholat qt?sdh baikkah puasa qt?
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
29-06-2014

Assalamuaaikum
Refleksi Malam...
Dari Abu Musa Al Asy’ari r.a ia brkata, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Perumpaan seorg mukmin yg rajin membaca Al-Qur`an adlh seperti buah Al-Atrujah (aromanya wangi dan rasanya pun enak). Sdg perumpamaan seorg mu`min yg tidak mmbaca Al-Qur`an adalah seperti buah tamr (kurma) tidak ada aromanya sekalipun rasanya manis. Lalu Perumpamaan seorg munafik namun ia rajin mmbaca Al-Qur`an adlh sperti buah Raihanah (aromanya wangi namun rasanya pahit). Sedangkan perumpaan seorang munafik yang tidak rajin membaca Al Qur`an adlh seperti buah Hanzhalah (tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit)"
(Al-Bukhari dan Muslim)

#Silahkan pilihan mana yg akn kita tempuh. Sebaik baik pilihan adlh yg dpt mengantrkan diri kita pda keindahan...Mari perbanyak membaca Al-quran, memahinya hingga dpat kita mngamalkannya.
KDI PD IPM Koa Yogya
(Share)
03-07-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...
Anas bin ‘Iyaadh, dari Al Harits bin ‘Abdurrahman, dari pamannya, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Puasa bukanlah hanya menahan diri dari makan dan minum,sesungguhnya puasa adlh menahan diri dari prkataan dan perbuatan kotor, maka jika ada sseorg yg mnghina atau brbuat bodoh kpadamu, katakanlah, 'Sesungguhnya aku sdang berpuasa, sesungguhnya aku sdang berpuasa"
(Shahih Ibnu Khuzaimah)

#Puasa adlh bntuk kontrol diri dari gejala2 virus yg mngotorkan hati, pkiran dan prbuatan. Satu hal antibodi spya kita ttp mmpu mnjga diri ykni dg IMAN, TAQWA. Mari berusaha!
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
04-07-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...
Dari ‘di bin Hatim ra, Rasulullah saw brsabda: “Tidaklah salah seorg di antara kalian melainkan akan diajak bicara oleh Tuhannya dgn tanpa juru penerjemah, saat ia melihat sebelah kanannya maka ia tidak melihat selain amalnya yg pernah dilakukan, saat ia melihat sebelah kirinya maka ia tidak melihat kecuali apa yang telah ia lakukan sebelumnya, dan saat ia lihat depannya maka melihat selain neraka di depan mukanya. Maka jagalah kalian dari neraka walau hanya dengan (infaq)separuh biji kurma.”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)
#sudahkah kita bershodaqoh hri ini?. Sudh pula kah qt ringnkan beban yg kesusahan?
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
06-07-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...

Dari Abu Hurairah, dari Nabi saw, bliau brsabda: “Dua kalimat yg ringan di lisan, namun berat di timbangan, dan disukai (Allah) Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung)
(HR. Bukhari dan Muslim)

#Maksud “dua kalimat ringan” adalah utk memotivasi beramal (karena dua kalimat ini ringan dan mudah sekali diamalkan). Maksud “ dua kalimat yang berat di timbangan” adlh menunjukkan besarnya pahala. Drpda brkta kasar tnpa pahala, lbh baik brkata dg mkna yg berpahala!!
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
10-07-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...

Dari Abu Ad Darda’ dia brkata, Rasulullah saw brsabda: “Tidak lah seorg muslim pun yg mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuan nya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yg sama.”
(HR. Muslim)

#Walaupun tak terdengar doa2 kita tuk mreka...yg jelas saat sungguh2 terucap doa itu maka malaikatpun akn mmbntu dan mndoakn hal yg sma bagimu. Berdoalah yg baik...agr baik pula doa yg kau dpat. Mari hilangkn kata libur dlm berdoa.

KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
12-07-2014

Assalamu'alaikum
Refleksi malam...

Mughirah bin Syu'bah berkata: "Sesungguhnya Rasulullah saw bangun untuk shalat sehingga kedua telapak kaki atau kedua betis beliau bengkak. Lalu dikatakan kepada beliau, Allah mengampuni dosa-dosamu terdahulu dan yang kemudian, mengapa engkau masih shalat seperti itu?Lalu, beliau menjawab: 'Apakah tidak sepantasnya bagiku menjadi hamba yang bersyukur?" (HR.Bukhori)

#Rasulullah yang sudah dijamin akan diampuni dosanya dan dimasukkan ke surga saja senantiasa beramal sholeh. Salah satunya tidak pernah meninggalkan tahajjud. Bagaimna dengan kita? Hamba yang berlumuran dosa yang terkadang lebih sering tenggelam dalam urusan dunia? Pantaskah kita menjadi penghuni syurgaNya? Mari berintropeksi diri, manfaatkan sepertiga malam terakhir untuk bersujud mhon ampun kepadaNya.

KDI PD IPM kota yogya
(Share)
15-07-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...
"Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit)"
(Qs. Ar-Ra'd:26)

#Jangan terlena dg tipudaya, jgn hnya turuti hawa nafsu yg hny membelenggu dirimu. Mhonlah penjagaan dariNya. Mohonlah teman, mhonlah...penjagaan diri!
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
18-07-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...
"... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Al-Baqoroh:216)

#Bgtu jelas dn gmblang. Bhwa ktika qt blm mndptkn ap yg slma ini mnjd hrpn dn keinginan yg sangat ingin d dpt. Mgkin sja ap yg mnrt qt baik blm tntu d hdpanNya it baik. Bgtu pula sbliknya. Prcyalh bhwa d blkg dr ksedihn dn cobaan it ada secercah hikmah kbaikn. Tunggu sja wktux, bila tak kunjung d dpt bsa jd saat di akhirat kau dptkn.
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
19-07-2014

assalamualaikum, refleksi malam
Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al-Quran) pada malam Qodar (QS Al-Qadr 1)

#dan taukah kamu, apakah malam kemuliaan itu ? malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan ruh Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah malam itu sampai terbiz fajar. Yuk teman teman , belum ada kata terlambat untuk beriktikaf, lebih mendekatkan diri kepada Allah . manfaatkan kesempatan yang ada yuk, oke ?

KDI PD IPM KOTA YK (share)
21-07-2014

Assalamualaikum
Refleksi Malam...
Dari Aisyah r.a brkta, rasulullah saw brsbda: bila memasuki 10 hari yakni 10 hari terakhir bln rmadhan. Rasulullah saw mengencangkn kain sarungnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya (Muttafaq Alaihi)
#Tinggl mnghitung hari prpisahn qt dg bulan pengampunan. Mhonlah sbnyk yg kau ingin. Bngun tuk i'tikaf mmg sulit. Tp akn lbh sulit  dn sia2 saat kau tak dpkn apa2 dr 1 buln ramdhanmu. Jgn jd org yg suka bilang "ah". Ah msh bsa thun dpn, ah msh bsa bsk, ah msh ad amaln yg lain. Klo kau mampu lkukn,jgn d tunda!
KDI PD IPM Kota Yogya
(Share)
24-07-2014

Assalamu'alaikum
refleksi malam..

"Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?"
(QS.Al-Qamar:17)

#Sering kita membaca Al-Qur'an, bahkan sudah sampai khatam. Lebih lebih di bulan ramadhan kali ini. Tapi pernahkah kita mempelajari makna Al-Qur'an itu sendiri? Buat apa kita selalu membacanya tapi kita tak paham isinya? Bukankah Allah telah memudahkan Al-Qur'an untk kita pahami dan hafalkan? Jadi ,ayo kita mulai menghafal,memahami, dan mengamalkan Al-Qur'an dlm hidup kita.

KDI PD IPM KOTA YOGYAKARTA
(share)
27-07-2014

  • Share:

You Might Also Like

0 comments