Menyikapi 14 Februari (Laporan Khusus LPR IPM Jogja)

04:00



Valentine? Apa itu? Sobat muslim sekalian tidak akan mungkin terpengaruh dengan kegiatan yang pasti bukan merupakan perayaan dalam agama Islam. Bagi sebagian orang, valentine yaitu hari kasih sayang umat manusia yang harus dimeriahkan dengan memberi cokelat, bunga, dan hadiah lainnya sebagai bentuk kasih sayang kita terhadap orang yang kita cintai. Namun, bukankah Rasulullah SAW saja selalu memberi kasih sayang kepada umatnya setiap saat? Hingga di yaumul akhir pun ia memberikan syafa’atnya kepada umatnya. Tidak seharusnya kita sebagai umat Rasulullah mengikuti perayaan yang menyimpang dari jalan Islam.


Maka dari itu, pada 13 Februari 2016, sobat muslim kita di Yogyakarta melakukan gerakan aksi tolak valentine dan peduli moral di 0 Km Yogyakartasebagai bentuk kepedulian pelajar DIY terhadap moral pelajar Indonesia pada masa kini. Mereka juga turut andil dalam sosialisasi tolak hari valentine yang dinamakan Dakwah Street dimana bertujuan untuk meluruskan pengertian hari valentine bagi para remaja muslim yang sama sekali tidak dianjurkan dalam Islam. Seperti yang dilansir di lokasi, Naufal Agung Panuhun yang merupakan anggota PR IPM Madrasah Muallimin Yogyakarta bidang kajian dakwah islam,  diamanahi sebagai ketua acara menegaskan bahwa acara ini juga menjadi wadah bagi kader Muhammadiyah untuk latihan berdakwah dan menjalankan syariat islam salah satunya yaitu mengingatkan sesama umat manusia. “Saya mengambil tema tentang anti valentine. Mengapa? Karena sekarang pelajar banyak yang menganggap dirinya jones yaitu jomblo ngenes dan merasa dirinya terbelakang jika mereka tidak mempunyai pacar atau pasangan. Padahal, Rasulullah sendiri tidak pernah mengajarkan kita untuk bersedih hati ketika kita menjadi seorang jomblo.” Ungkapnya. Ia juga menerangkan bahwa kegiatan anti atau tolak valentine ini juga berfungsi untuk meminimalisir pacaran yang sedang marak di kalangan remaja dan diharamkan oleh Islam. Naufal berharap untuk kedepannya acara ini akan terus berlanjut di waktu mendatang dengan tema lainnya dalam rangka menegakkan syariat islam.


Seperti halnya Naufal, Zuvita Nandi Astika pun menjelaskan tentang tujuan lain dari acara ini yaitu sebagai hari untuk memperingati hari peduli moral untuk pertama kalinya. Karena menurutnya pelajar Indonesia sekarang mengalami krisis moral yang sangat memprihatinkan. Dengan adanya gerakan ini, diharapkan pelajar mampu menggebrak dan berapresiasi terhadap moral bangsa kita yang kemudian menjadi perbaikan moral pada masing-masing diri kita. “Kenapa kita mengambil hari peduli moral? Karena adanya hari valentine itu justru akan mengkhususkan Februari sebagai hari valentine saja. Sehingga kita pelajar istimewa dapat mengalihkan hari valentine itu kepada hari peduli moral.” Ujar wanita yang kerap dipanggil Zu itu. Dalam acara ini terdiri dari beberapa aliansi namun untuk saat ini, baru Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang bergabung dengan komunitas tersebut. Zuvita berharap kedepannya akan ada teman-teman dari IPPNU (Ikatan Pelajar Putra/Putri Nahdatul Ulama), dari HTI, PKS dan yang lain ikut bergabung dalam gerakan ini.


Gerakan tolak valentine dan peduli moral itu berjalan sukses akibat dari antusiasme peserta yang mengikuti acara tersebut yang diluar perkiraan oleh panitia. Banyak aktivitas yang dilakukan dalam acara tersebut, yaitu mendemonstrasikan para muslimin ataupun muslimah untuk menolak hari valentine dan mengajak memperbaiki moral bangsa ini kemudian membagikan brosur-brosur kepada masyarakat. Semua sektor bidang panitia maupun peserta berharap acara ini mampu mengubah atau setidaknya meminimalisir penyimpangan moral yang terjadi di Indonesia dan sebagai wujud rasa empati kita sebagai sesama manusia untuk mengingatkan kepada jalan yang benar. (Armarizki Kh)


  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Terimakasih atas informasinya. semoga bermanfaat.
    lihat Spesifikasi dan Harga Gadget menarik nya
    Xiaomi Redmi 2 Prime
    Xiaomi Mi 4i
    Xiaomi Redmi 3 Pro
    Huawei P8

    ReplyDelete
  2. salam sukses dari lenovo, terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda.
    Lenovo K900
    Lenovo A6000
    Lenovo A7000
    Lenovo A369i

    ReplyDelete
  3. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Ace 2
    Samsung Galaxy Grand
    Samsung Galaxy Ace Plus
    Samsung Galaxy S3 Mini

    ReplyDelete
  4. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Fame
    Samsung Galaxy Chat
    Samsung Galaxy Grand Prime
    Samsung Galaxy Y Duos

    ReplyDelete
  5. postingan menarik, sangat bermanfaat. Semoga sukses terus. Terimakasih
    info Gadget menarik.
    Lenovo Vibe Z K910
    Lenovo Vibe X
    Lenovo A880
    Lenovo K860

    ReplyDelete