Konferensi Pimpinan Cabang dan Ranting “KONPICABRAN” 2016 (Laporan Khusus LPR)

21:26

Konferensi Pimpinan Cabang dan Ranting “KONPICABRAN” 2016 (Laporan Khusus LPR)




Hiruk pikuk semarak KONPICABRAN yang diadakan pada tanggal 19-20 Maret 2016 mewarnai kemeriahan baik di media sosial maupun seluruh ranting Muhammadiyah di Yogyakarta. Konferensi yang diadakan oleh PD IPM Muhammadiyah yang diadakan di SMP Muhammadiyah 2
yogyakarta ini adalah wujud kebersamaan dan silaturahmi antara PD IPM sendiri dengan cabang dan rantingnya. Selain itu, Konferensi ini juga sebagai upaya dalam memperbaiki dan pengevaluasian terhadap kinerja PD IPM Muhammadiyah serta cabang dan ranting selama setengah periode. Bukan hanya itu, untuk menyemarakkan KONPICABRAN, PD IPM juga sudah mengadakan lomba videogram kepada para peserta melalui akun instagram. Sambutan meriah dan lomba itu diikuti oleh beberapa ranting maupun bagian dari PD IPM itu sendiri.
Pada Konferensi hari pertama yang dimulai dari jam 16.00 dilakukan seminar yang bertemakan “Pelajar Anti Apatis” yang dihadiri perwakilan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting dari 26 ranting baik itu dari SMP/Mts dan SMA/SMK/MA. Seminar itu diisi oleh Sekretaris PIP PD IPM Muhammadiyah yaitu Nabhan Mudrik Alyaum yang berisi tentang ajakan dan pembumian “Pelajar Anti Apatis” yang merupakan motto dari PD IPM Yogyakarta. Setelah seminar, dilakukan istirahat yang termasuk shalat Maghrib dan makan malam yang dilanjutkan sidang pleno I yang membahas tentang UU PD IPM Yogyakarta. Sidang pleno I ini mendapat tanggapan antusias oleh para rantingnya dalam mencerna dan menelaah kata-kata yang sesuai dalam undang-undang. Ketua sidang pun dipilih dengan mempertimbangkan berbagai


pembagian sektor daerah dari ranting.

Seperti yang dilansir dari lokasi acara, Ketua PD IPM Muhammadiyah Yogyakarta, Ramadhani Gafar Utama menyatakan, “Sebenarnya IPM Yogyakarta bukan hanya event organizer saja dalam arti bukan ketika PD IPM hanya untuk mengadakan acara-acara seperti KONPICABRAN ini. Tetapi, kalau perbedaan KONPICABRAN dari tiga atau empat tahun sebelumnya mungkin belum ada seminar dan sangu yang diberikan. Namun hakikatnya PD IPM adalah sebuah gerakan dimana berfungsi untuk menaungi pelajar Muhammadiyah yang berkemajuan. Dan KONPICABRAN ini juga dapat terlaksana atas kerjasama seluruh elemen panitia dan keterikatan yang kuat antara pimpinan cabang dan ranting”.  Ia juga menambahkan, dalam persiapan KONPICABRAN para panitia PD IPM mempersiapkan hal-hal seperti kesiapan materi, isu strategis, dan persiapan acara. Untuk pemilihan tempat acara tahun ini di SMP Muhammadiyah 2
yogyakarta diputuskan atas kesepakatan dan juga melihat pernah tidaknya sekolah ini dipakai dalam acara PD IPM agar nantinya penyelenggaraan acara-acara penting di PD IPM Muhammadiyah dapat merata di seluruh ranting. Dan pada kesempatan kali ini, Ramadhani Gafar Utama mengatakan bahwa untuk ranting IPM Yogyakarta belum ada yang mendapatkan lampu hitam dan harapan kedepannya untuk lebih baik dalam ranting maupun cabang.



Antusias para Ipmawan dan Ipmawati juga dirasakan dalam mengikuti KONPICABRAN tahun ini dimana mereka baru pertama kali mengikuti Konferensi ini dikarenakan para ranting sudah mengganti posisi kedudukan periode baru dalam IPM. Seperti pengakuan yang dinyatakan oleh Muhammad Rashid Kurniawan selaku ketua IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengatakan “Alhamdulillah kalau sampai saat ini kita bisa merasakan hawa ber-IPM di PD IPM ini seperti apa, ternyata semangat sekali apalagi SMP-nya yang turut semangat pula. Kemudian, kita juga saling mendukung antara SMP dengan SMA serta kita juga saling memberikan masukan kepada PD IPM sehingga kedepannya lebih baik lagi. Dan juga, kita merasa sebagai ranting juga dihargai oleh PD IPM. Kalau harapan kita sih khususnya untuk KONPICABRAN tahun depan untuk lebih baik lagi dalam kesiapan materi, memberikan yang terbaik kepada rantingnya dan menghindari kesalahpahaman yang terjadi  sehingga para ranting dapat meneladani dan peserta tahu bahwa PD IPM lebih baik daripada rantingnya.” Muhammad Rashid juga menjelaskan dalam persiapan KONPICABRAN 2016 ini SMA Muhammadiyah 1 juga ikut berpartisipasi dalam lomba videogram dalam menyambut Konferensi sebagai wujud dukungan SMA MUHI kepada PD IPM Yogyakarta begitu pula ia menyatakan sudah mempersiapkan progress report yang harus diberikan.





 








Keesokan paginya sidang pleno III dimulai pada pukul 07.00 yaitu tentang laporan dari masing-masing bidang PD IPM atas kinerjanya selama setengah periode. Masing- masing bidang seperti ASBO, PIP, Perkaderan, KDI, Advokasi, Distro IPM, maupun LPR dan lainnya bukan hanya melaporkan kinerjanya tetapi juga melaporkan hambatan dan tantangan dalam setengah periode kinerjanya. Yang kemudian berlanjut pada sidang pleno IV yang berisi tentang pengumpulan progress report dan pemberian masukan berupa kritik dan saran oleh seluruh ranting SMP/Mts maupun SMA/SMK/MA kepada PD Muhammadiyah. Masukan kritik dan saran terbanyak adalah penguatan silaturahmi antara ranting dan sahabat ranting sehingga kemajuan terjalin baik dari ranting maupun PD IPM Yogyakarta sendiri.




Seorang Ipmawati yaitu Ririn Desriani yang merupakan perwakilan dari Kabid KDI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta juga menyatakan aspirasinya yang besar terhadap KONPICABRAN tahun ini. “Kalau kita sih jadi mengetahui cara aktivis IPM itu gimana baik cara kerjanya, anggaran, program kerja maupun bagaimana cara PD IPM merangkul semua ranting-rantingnya. Untuk pesan sama PD IPM-nya agar sehabat rantingnya diperjelas lagi agar kita juga mengetahui hubungan ranting dengan PD IPM dan juga untuk menguatkan tali silaturahmi. Terus, kalau harapannya sih kita bisa menerapkan proker-proker PD seperti KARIM untuk diterapkan pada ranting-rantingnya kemudian untuk saran lebih baik pada penegasan time management-nya dan mempunyai plan B untuk acaranya dan kita juga bisa mengambil hikmah dari KONPICABRAN tahun ini agar lebih baik”.  Begitu pula tanggapan dari perwakilan Ketua PIP SMA Muallimin Yogyakarta yang bernama Anwar Muflih berpendapat “ Untuk KONPICAPRAN tahun ini asik banget, karena ini adalah ajang buat kita untuk mengurusin sidang dan kita juga didorong bicara depan umum, sehingga kita punya aspirasi-aspirasi yang bisa didengar orang lain. Untuk harapannya kita bisa memperbaiki dan evaluasi sebelumnya.”


Setelah rentetan acara dilakukan, pada pukul 10.30 WIB sidang komisi dimulai dan perwakilan ranting dibagi menjadi beberapa kelas guna membahas upaya dalam meningkatkan kinerja dan pengembangan dalam memajukan ranting, cabang maupun PD IPM. Setiap kelas sidang komisi masing-masing mempunyai agenda yang untuk dibahas seperti pada ruang sidang I membahas secara internal dan eksternal dalam memajukan PD IPM. Menurut partisipan sidang, secara internal terdapat perubahan untuk menambah cabang pada PD IPM dan juga menambah ranting non sekolah seperti remaja masjid, sekolah negeri, dan perkumpulan remaja lainnya yang dijadikan satu ranting agar Muhammadiyah dapat meluas. Dari faktor eksternal, partisipan berpendapat bahwa peran media sosial sangat berpengaruh dalam menyebarkan dan memberi pengaruh pada masyarakat dibanding media cetak. Walaupun begitu, media cetak sebagai media konvensional tetap harus ada. Hasil sidang tersebut kemudian diumumkan pada sidang di aula ketika seluruh ranting dan cabang sudah berkumpul. Dengan begitu, maka disahkannya sidang pleno tersebut


pula sidang pleno ke V ini.Menurut Rifqi Alifka Bestari sebagai Sekretaris Umum PD IPM Yogyakarta berkata bahwa persiapan yang diperlukan selama konferensi adalah berupa buku materi KONPICABRAN dan pimpinan dari setiap ranting. Untuk persiapan teknis itu terdiri dari perlengkapan, tempat, tuan rumah, dan panlok. “Kalau perbedaan  hari pertama mungkin masih banyak yang belum ngerti tentang KONPICABRAN. Tapi setelah hari kedua mereka mulai paham dan kritis jadi mereka semakin semangat dalam menanggapinya. Kalau hambatan yaitu kurangnya sikronisasi 26 ranting dan kurang kumpul sehingga kurang koordinasi. Harapan kedepannya terus ada koordinasi optimal ke tiap PD dan PR dan semoga laju konfirmasi kegiatan antara PR dan PD semakin baik” tuturnya. Rifqi juga menambahkan bahwa tujuan dari pengumpulan progress report adalah melihat perkembangan ranting, proker, hambatan pelaksanaan dan yang sudah dilaksanakan juga. Selain itu, juga dapat mendata contact person serta kritik dan sarannya ke PD.




               









Setelah acara inti selesai, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan doorprize dan kegiatan mendokumentasikan kebersamaan antar PR, PC, dan PD. Yang dilanjutkan dengan berfoto ria dan berfoto sesama keluarga PD IPM Yogyakarta baik pimpinan cabang maupun ranting. Harapan dari semua pihak intinya berharap KONPICABRAN ini juga sebagai sarana silaturahmi terhadap sesama untuk meningkatkan kerjasama antara ranting, cabang dan daerah sehingga terjadi koordinasi yang baik di seluruh aspek. ( Armarizki Kh)

  • Share:

You Might Also Like

10 comments

  1. Terimakasih atas informasinya. semoga bermanfaat.
    lihat Spesifikasi dan Harga Gadget menarik nya
    Xiaomi Redmi 2 Prime
    Xiaomi Mi 4i
    Xiaomi Redmi 3 Pro
    Huawei P8

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas infonya sukses selalu
    bagi yang butuh informasi hp Gadget menarik.. lihat aja link disini!!!
    Huawei G8
    Huawei Mediapad T1
    Huawei P8 Lite
    Huawei MateBook

    ReplyDelete
  3. salam sukses dari lenovo, terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda.
    Lenovo K900
    Lenovo A6000
    Lenovo A7000
    Lenovo A369i

    ReplyDelete
  4. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Ace 2
    Samsung Galaxy Grand
    Samsung Galaxy Ace Plus
    Samsung Galaxy S3 Mini

    ReplyDelete
  5. postingan menarik, sangat bermanfaat. Semoga sukses terus. Terimakasih
    info Gadget menarik.
    Oppo F1
    Oppo Neo 7
    OPPO Neo 5
    Oppo Joy 3

    ReplyDelete
  6. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Fame
    Samsung Galaxy Chat
    Samsung Galaxy Grand Prime
    Samsung Galaxy Y Duos

    ReplyDelete
  7. Terimakasih atas infonya sukses selalu
    pilihan wisata menarik dan indah.. lihat aja link disini!!!
    Santirah River Tubing
    Pantai Batu Karas
    Pantai Madasari
    Citumang Body Rafting

    ReplyDelete