KONPIWIL IPM D.I.Y Penguatan Peran Strategis Untuk Menunjang Kemajuan Pelajar

12:09

Yogyakarta -PW IPM Yogyakarta tengah melaksanakan Konferensi Pimpinan Wilayah (KONPIWIL) IPM DIY pada Sabtu-Ahad (17-18/2) di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Konpiwil Diikuti kurang lebih 50 peserta dari perwakilan Pimpinan Ranting, Pimpinan Cabang, dan Pimpinan Daerah IPM D.I.Yogyakarta
Ketua Umum Pimpinan Wilayah IPM DIY, Nur Cahyo Yudhi Darmawan dalam sambutannya beliau memaparkan tema yang di usung pada Konpiwil kini adalah “Apresiasi  Potensi Pelajar Melalui Gerakan Keilmuan Menuju pelajar Berdaya". Nur Cahyo Yudhidarmawan menjelaskan, bahwa tema kali ini diusung yang dilatarbelakangi menguatkan peran strategis. Untuk menguatkan peran startegis perlu dilakukan pengembangan oleh IPM. IPM harus mengapresiasi setiap langkah atau ide kreatif-kritis yang dimiliki pelajar kemudian diguyubkan satu sama lain sehingga muncul gerakan-gerakan yang mengindikasikan kemajuan dan pemberdayaan di kalangan pelajar. Akses pengembangan tersebut harus diimbangi dengan kualitas dan kuantitas keilmuan pelajar yang berbasis pada minat, bakat, dan potensi  pelajar. Setiap pengembangan yang direncanakan IPM harus berperan strategis untuk menunjang kemajuan pelajar.

Pada Pembukaan Konpiwil di Yogyakarta ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh diantaranya dari Drs.Afnan Hadikusumo (DPD RI), Untung Cahyono (Ketua PWM) dan Ali Sya'bana (Ketua PP IPM) Pada akhir acara,  Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Untung Cahyono memberikan sambutan penutup dengan memberikan kata kata penyemangat atau yel-yel yang diharapkan akan membuat peserta tetap semangat dalam mengikuti acara ini. 
Setelah acara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan presentasi Best Practice dari masing masing perwakilan diantaranya PR IPM Mu'allimin, PR IPM AR. Fakhruddin, PR IPM Mu'allimaat, PR IPM SMA Muhammadiyah 5, PC IPM Bambanglipuro, dan PR IPM SMP Muhammadiyah 2. Presentasi pertama di bawakan oleh PR IPM Mu'allimin dengan Best Practice Pelajar Peduli Moral, Tebar Seribu Kader, dan Jihad Literasi, PR IPM SMA Muhammadiyah 5 dengan Best Practice Literasi Al-Quran, IPM AR. Fakhruddin dengan Gerakan Literasi, IPM Mu'allimaat dengan pojok literasi, pojok diskusi,dan pojok berbagi, PR IPM SMP Muhammadiyah 2 dengan komunitas cerdas, infaq buku, sms cinta kepala sekolah, dan yang terakhir presentasi dari PC IPM Bambanglipuro dengan gerakan ekologi yaitu membersihkan pantai.
Setelah acara presentasi Best Practice PW IPM selesai, di tutup dengan dua presentasi perwakilan Best Practice yang terpilih di Tanwir PP IPM di Martapura yaitu PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan PR IPM Mu'allimaat Yogyakarta dengan mempresentasikan pendampingan teman sebaya dan Muallimaat Entrepreneur Sociaty.(Idham/Inas)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments